DIN SYAMSUDDIN SAMBUT BAIK USULAN WAPRES MA'RUF AMIN


Jakarta - 
Kabar-Islam.Com

Saya menyambut baik usulan Wapres Ma'ruf Amin yg disiarkan media agar Pemerintah RI menyediakan Pulau Galang utk para pengungsi Rohingya patut disambut positif. Para pengungsi Rohingya, yg kebetulan beragama Islam,  terusir dari Tanah Kelahiran mereka di Rakhine State Myanmar, karena dianggap tidak berkewarganegaraan Myanmar, walaupun mereka sudah lahir dan tinggal disana selama berabad-abad secara turun menurun. Mereka sesungguhnya warga negara yg sah dan bahkan pernah ikut terlibat dalam Pemerintahan Myanmar. Namun, Rezim Junta Militer Myanmar, atas desakan Kelompok Keagamaan Ekstrim, menindas mereka dan mengusir mereka dari kampung halamannya.

Pengungsi Rohingya yg terdampar di Indonesia, di Aceh bahkan sampai Sulawesi Selatan, ditaksir berjumlah ratusan orang dan ada kecenderungan bertambah. Masalahnya, lembaga pengungsi dunia PBB, UNHCR tidak berdaya atas alasan mereka _stateless_ (tidak berkewarganegaraan). Pemerintah Indonesia pun tidak dapat berbuat banyak utk menampung mereka, katanya, demi menjaga solidaritas ASEAN. Syukur ada lembaga swadaya masyarakat dan organisasi Islam, seperti Muhammadiyah membantu mereka walau tidak maksimal.

Maka, usul Wapres Ma'ruf Amin tersebut sangat mulia, penting, dan mendesak. Para pengungsi Rohingya tersebut adalah sesama manusia. Mereka sudah menderita dari penindasan dan pengusiran, ditambah penderitaan diombang-ambingkan ombak lautan tanpa makanan cukup. Sudah saatnya kita sebagai bangsa cinta damai dan keadilan, apalagi memiliki Pancasila yg mengajarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, untuk bertindak. Saatnya Indonesia menyediakan satu dari 17.500 pulau yg dimilikinya, seperti dulu Pemerintah Orde Baru menyediakan Pulau Galang bagi pengungsi Vietnam. Semoga usul Wapres Ma'ruf Amin dapat dilaksanakan oleh Pemerintah RI sendiri. Tentu Bapak Wapres tidak hanya menyampaikan usul baik tersebut di media massa, tapi memimpin pelaksanaannya di lapangan secara nyata. (*)


Prof Dr M Din Syamsuddin MA
(Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah/Mantan Ketua Dewan Pertimbangan MUI/Ketua Poros Dunia Wasatiyyat Islam)

Redaktur : Abdul Halim

Berlangganan Informasi Kami :

0 Response to "DIN SYAMSUDDIN SAMBUT BAIK USULAN WAPRES MA'RUF AMIN"

Posting Komentar