MULTI MANFAAT PUASA RAMADHAN


Oleh :
Ustadz Ridwan Hilmi
(Wakil Ketua Lembaga Dakwah Khusus MUI Pusat)


Dengan kasih dan sayang-Nya, Allah menyediakan hikmah dan manfaat saum Ramadan sebagai berikut:

1.Secara fisik, menyehatkan badan, membakar lemak, membersihkan racun tubuh, dan menurunkan berat badan. Nafas lancar, kulit cerah, tubuh bertenaga, ibadah badan jadi mudah ditunaikan. Dalam ilmu kesehatan dikenal istilah Autofagi. Dikutip dari Halodoc bahwa Autofagi merupakan proses detoks ketika tubuh membersihkan sel yang rusak, dan meregenerasi dengan sel yang baru dan lebih sehat. Autofagi dapat terjadi secara alamiah dalam tubuh, tetapi proses ini menjadi lebih cepat ketika sedang berpuasa.

2.Secara mental, membentuk karakter taqwa, antara lain taat- disiplin, syukur, sabar, tawakkal, khasyah, mahabbah, menguat semangat berbuat baik, dan melemah dorongan berbuat buruk. Mental jadi sehat, tenang dan bahagia.

3.Secara sosial, membentuk kohesi sosial, antara lain solidaritas, saling  berbagi dan membantu. Seperti terlihat saat berbuka bersama dan silaturahim di dalamnya. Masyarakat sebab itu menjadi harmonis, rukun dan guyub.

4.Secara spiritual, menjadi sebab du'a mustajab, dosa diampuni, pahala dilipatgandakan, dan jalan masuk syurga Ar-Royyan. Pun baca Quran jadi syafa'at. Sedangkan malaikat sibuk naik turun antara langit dan bumi. Makhluk mulia ini membawa terbang kalimah-kalimah tayyibah menuju Allah SWT. Kalimah-kalimah yang terkandung dalam dzikir dan du'a. Dzikir dan du'a dari lisan orang-orang yang berpuasa.

نصر من الله وفتح قريب

Bogor, Ahad 10 Maret 2024.

Berlangganan Informasi Kami :

0 Response to "MULTI MANFAAT PUASA RAMADHAN "

Posting Komentar