BERKAT BANTUAN ZAKAT BAZNAS, PALESTINA MENJADI SEMANGAT


Oleh : 
Abdul Halim
(Pemred kabar-islam com)


Tragedi kemanusiaan yg menimpa rakyat Palestina di Gaza memang luar biasa, sehingga mengetuk hati nurani seluruh masyarakat dunia.

Betapa tidak, tentara Zionis Israel dengan kekuatan militer penuh, tanpa pandang bulu meratakan dengan tanah seluruh wilayah Gaza serta membunuh 30.000 dan melukai 50.000 wanita dan anak anak. Bagi tentara Zionis Israel, wanita dan anak anak Palestina juga dianggap sebagai pejuang Hamas sehingga bisa dibunuh.

Padahal sejak 2007 ketika Hamas berkuasa, Gaza yg hanya sebuah  jalur sempit dengan panjang 30 km dan lebar antara 4-7 km serta berbatasan dengan Laut Mediterania di Timur,  Israel di Utara dan Barat serta Selatan dengan Mesir itu telah diblokade total laut darat dan udara oleh Zionis Israel. Sehingga Gaza yg berpenduduk 2,3 juta orang itu seperti sebuah penjara raksasa yg terbesar di dunia  Satu satunya jalan bagi rakyat Gaza untuk keluar adalah melalui pintu Rafah di selatan yg berbatasan dengan Mesir. Akibat blokade Israel, Gaza tidak memiliki Bandara dan Pelabuhan, meski di timur berbatasan dengan Laut Mediterania.

Sangatlah tepat jika BAZNAS dibawah kepemimpinan Prof Dr KH Noer Achmad MA bergerak cepat untuk membantu rakyat Palestina yg saat ini sangat menderita akibat agresi militer Zionis Israel tersebut.

Melalui kerjasama dengan Kemenlu, KBRI Kairo, TNI, serta tiga lembaga filantropi Mesir dan Palestina seperti Mishr Ak Khair, Bayt Zakat wa Shadaqat, Egyptian Red Crescent dan Woman Center Al Khair Silwan, BAZNAS telah mengelontorkan bantuan dari masyarakat Indonesia dengan nilai total  Rp 250 Milyar yg berupa makanan, obat obatan, alat kesehatan, perlengkapan musim dingin, air bersih, pakaian dan familykid.

Bantuan sebesar itu akan didistribusikan dalam 3 tahap, yakni Tanggal Darurat 30 persen, Rehabilitasi 10 persen dan  Rekonstruksi pasca perang 60 persen.

Untuk tahap Tanggap Darurat, beberapa truk kontainer raksasa dari BAZNAS telah memasuki Gaza melalui pintu Kota Rafah Mesir dan telah diterima rakyat Palestina di beberapa kamp pengungsi di Gaza Utara dan Gaza Selatan seperti kamp pengungsi Jabaliyah, Khan Younis dan lain lain.

Relawan BAZNAS yg dibantu relawan dari Mesir dan Palestina memang harus berjibaku menyalurkan bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia, ditengah tengah pertempuran yg masih berkecamuk antara pasukan IDF Zionis Israel dengan para pejuang Palestina yg merindukan Syahid dengan persenjataan minim di Gaza.

Apalagi tentara Zionis Israel selalu mencurigai bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia. Sebab selalu ini Indonesia selalu konsisten membantu perjuangan Palestina dengan menolak pembukaan hubungan diplomatik dengan Israel.  Dengan cara patungan, rakyat Indonesia berhasil membangun Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara, dimana sekarang sedang diduduki tentara Zionis Israel.

MENGAPA KITA WAJIB MEMBANTU PALESTINA ?

Sekarang pertanyaannya adalah, mengapa Indonesia wajib membantu Palestina ?

Pertama, adanya ikatan historis antara Palestina dan Indonesia. Palestina adalah negara berdaulat kedua yg mengakui Kemerdekaan Indonesia setelah Mesir pada tahun 1946 lalu. Jasa Palestina inilah yg tidak pernah dilupakan para pemimpin bangsa seperti Sukarno, Mohammad Hatta, KH Agus Salim, Sutan Syahrir, Mohammad Natsir dan lain-lain.

Kedua, saat ini Palestina dalam masa penjajahan oleh Zionis Israel. Sesuai dengan Mukadimah UUD 1945, Indonesia adalah negara yg menentang segala bentuk penjajahan dimuka bumi ini.

Ketiga, mayoritas rakyat Palestina dan Indonesia sama sama umat Islam. Sehingga ada ikatan batin antara Palestina dan Indonesia.

Keempat, Palestina memiliki Masjid Al Aqsha  yg terletak di Kota Baitul Maqdis atau Yerusalem yg saat ini dikuasai Zionis Yahudi Israel. Masjid Al Aqsha adalah Masjid Suci Ketiga di Dunia setelah Masjidil Haram di Kita Suci Makkah dan Masjid Nabawi di Kota Suci Madinah. Masjid Al Aqsha juga merupakan tempat Mi'raj Nabi Muhammad SAW menuju Sidratul Muntaha Langit Ketujuh.

Kelima, mempertahankan Kesucian Masjid Al Aqsha bukan hanya tugas rakyat Palestina, tetapi juga kewajiban umat Islam seluruh dunia termasuk umat Islam Indonesia.

Jadi berkat bantuan rakyat Indonesia yg disalurkan melalui BAZNAS, rakyat Palestina semakin semangat untuk terus mempertahankan Kesucian Masjid Al Aqsha dan membebaskan diri dari penjajahan Zionis Israel. (*)

*Penulis adalah Pemimpin Redaksi kabar-islam.com dan anggota BAZNAS Media Center (BMC).

Berlangganan Informasi Kami :

0 Response to "BERKAT BANTUAN ZAKAT BAZNAS, PALESTINA MENJADI SEMANGAT "

Posting Komentar